PEMBEKALAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN RETAIL
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

By Admin Uswaul Husna 05 Jul 2023, 15:03:42 WIB Pendidikan
PEMBEKALAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN  PROGRAM STUDI MANAJEMEN RETAIL

Gambar : PEMBEKALAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN RETAIL


Kegiatan pembekalan PKL ini bertempat di gedung pasca sarjana Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena

pada jam 11:00 sd 02:00 wit

Kegiatan Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Manajemen Retail Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Semester IV Tahun Akademik 2022/2023 Dihadiri oleh Nanang Gunawan, S. Sos., M. AB selaku Kepala LPPM, Rianik Thomas, S.E.,M.Si Selaku Dekan FEB, Herlyani  S, S.Pi.,M.Agb selaku Kepala LPKK dan Defran Siska,S.E., MM Selaku Dosen Pembimbing PKL serta seluruh mahasiswa PKL.

PKL adalah singkatan dari praktik kerja lapangan. Istilah ini juga kerap disandingkan dengan Prakerin atau praktik kerja industri dan juga magang.  PKL merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri. Program tersebut dimaksudkan untuk menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. Dengan kata lain, melalui program PKL, mahasiswa mendapat kesempatan untuk menerapkan teori yang telah dipelajari di kampus dalam pekerjaan secara riil.

Sebelumnya telah disinggung bahwa tujuan PKL yang utama adalah menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. Oleh karenanya, PKL dianggap memiliki peran penting dalam pengenalan dunia kerja kepada  mahasiswa terutama terkait penerapan teori yang telah mereka peroleh di kelas. Sementara itu, dapat diuraikan tujuan umum  PKL ialah

1. Memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa

Manfaat PKL yang pertama yaitu memperkenalkan dunia kerja yang sebenarnya kepada mahasiwa. Meski telah dibekali oleh berbagai teori, pada umumnya mahasiswa tidak memiliki pengalaman secara profesional di dunia kerja. Oleh karenanya, PKL dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman terjun langsung ke dunia kerja yang sebenarnya.

2. Mengasah keterampilan

Selain memberikan pengalaman untuk terjun ke dunia kerja secara riil, PKL juga bermanfaat untuk mengasah keterampilan mahasiswa. Terutama keterampilan yang sebelumnya sudah diajarkan di kampus 

3. Membentuk pola pikir

Pembentukan pola pikir yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan di lapangan merupakan hal yang penting, terutama bagi mereka yang belum memiliki pengalaman secara profesional, seperti halnya para mahasiswa. Dalam proses kegiatan PKL, mahasisiswa akan dihadapkan secara langsung dengan kasus atau masalah yang nyata. Hal ini secara tidak langsung akan membentuk pola pikirnya menjadi terkonstruktif secara baik.

4. Menjalin kerja sama

Berikutnya adalah manfaat PKL untuk mahasiswa maupun kampus, yaitu menjalin kerja sama dengan perusahaan ataupun instansi yang menjalankan usaha dan industri. Selain dapat menciptakan hubungan baik dalam penyelenggaraan pelatihan kerja, PKL juga dapat membuka peluang tersaringnya tenaga kerja hingga bentuk kerja sama lainnya.

5. Mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam industri

Sementara itu, manfaat PKL bagi industri adalah terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Seperti yang sudah disampaikan, PKL membuka pintu bagi mahasiswa yang selama duduk di bangku kuliah lebih mendapat bekal ilmu teori untuk merasakan langsung dunia kerja yang nyata di samping menerapkan teori-teori yang sudah dipelajarinya.

6. Efisiensi waktu dan tenaga

Terakhir, PKL memiliki manfaat berupa meningkatnya efisiensi waktu dan tenaga dalam kepentingan untuk pendidikan dan pelatihan tenaga kerja. Sehingga, selepas lulus dari bangku kuliah, para mahasiswa telah memiliki pengalaman secara profesional untuk bersaing di dunia kerja yang sebenarnya.

 

~UH




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment